Membuat Benda Bermuatan Listrik

Membuat Benda Bermuatan Listrik


Alat dan Bahan

1. Magnet
2. Battre
3. Kawat
4. Paku
5. Mistar
6. Kertas



1. Cara Menggosok

Cara ini dapat dilakukan dengan menggosokkan dua benda dalam satu arah. Cara ini disebut juga metode gesekan.

Membuat Benda Bermuatan Listrik

Contoh Percobaan : Mistar yang berbahan dasar plastik digosokan di kertas, lalu didekatkan dengan potongan kertas, maka potongan kertas tersebut akan menempel di mistar.


2. Cara Induksi

Percobaan induksi dengan menggunakan magnet yang ditempelkan di sebuah paku, maka paku dapat bermuatan magnet, seperti percobaan dibawah ini.

Membuat Benda Bermuatan Listrik

Pada Percobaan Induksi diatas, Bisa dilihat bahwa logam logam kecil tersebut menempel di sebuah paku, hal tersebut menandakan bahwa paku telah berubah muatan menjadi sebuah muatan magnet. Dengan demikian paku berubah muatan nya menjadi bermuatan magnet meskipun magnet dilepaskan, untuk menghilangkan nya dilakukan dengan cara grounding atau menempelkannya ke tanah.

 
 3. Cara Konduksi

Dalam metode ini, untuk menghasilkan muatan listrik, kedua benda harus mengalami kontak langsung agar sejumlah elekton mengalir dari satu benda ke benda yang lainnya.
Bahan yang dapat mengalirkan sejumlah elektron secara bebas pada bahan lain disebut konduktor.
Bahan yang termasuk konduktor baik adalah logam, khususnya aluminium, tembaga, dan perak.
Membuat Benda Bermuatan Listrik




Konduksi dengan menggunakan sebuah batu batre yang di tempelkan disebuah kumparan kawat dengan sebuah logam di dalamnya, dipercobaan tersebut bisa kita perhatikan bahwa logam logam kecil menempel kesebuah paku yang sudah dilekatkan pada kumparan kawat yang dialiri oleh battre. Dengan begitu bisa diketahui bahwa logam telah dialiri muatannya sehingga menjadi sebuah muatan bermagnet.



Comments