Aplikasi untuk kuis online dengan Google Classroom

Cara Membuat Kuis di Google Classroom


Cara Membuat Kuis di Google Classroom
Google Classroom
Google Classroom adalah hub digital tempat siswa, guru, dan pendukung lainnya dapat terlibat dan berkolaborasi. Kamu dapat membuat kuis dan tugas yang mudah digunakan, bersama dengan materi pendukung, hanya dalam beberapa klik. Yang Kamu butuhkan hanyalah akun Google gratis.

Berikut Langkah2 Membuat Tugas Kuis di Google Classroom.

1. Buat Tugas Quiz

Untuk memulai, buka browser web kamu, dan pergi ke http://classroom.google.com/

Masuk ke akun Google kalian, lalu buat kelas atau klik yang sudah ada. 

Setelah Anda berada di kelas, klik tab "Classwork/Pekerjaan Kelas", klik "Create/Buat," dan kemudian pilih "Quiz Assignment/Tugas Kuis."

Berikut Langkah2 Membuat Tugas Kuis di Google Classroom

Di menu tugas kuis, beri judul kuis Anda, dan kemudian berikan deskripsi tambahan, jika perlu.


Klik “Add” jika Kamu ingin melampirkan file dari Google Drive, link web, komputer kamu, atau YouTube. 

Kamu juga dapat mengklik "Create" untuk secara otomatis membuat dan melampirkan file dari Google Documents, Slide, Spreadsheet, Gambar, atau Formulir.

 2. Kostumisasi Tugas Quiz

 Klik pada "Blank Quiz" untuk mulai menyesuaikan kuis Kamu di Formulir Google.

Lalu akan muncul tab formulir quiz yang nantinya bisa kita edit atau kostumisasi. Semua perubahan yang kamu buat akan disimpan secara otomatis.

Klik bidang judul untuk mengedit nama formulir kuis Kamu, dan kemudian ketik pertanyaan Kamu di bidang pertanyaan. Secara default, pertanyaan pertama akan ditetapkan sebagai "Multiple Choice/Pilihan Ganda."

Untuk mengubahnya, klik menu tarik-turun di sebelah kanan. Kamu kemudian dapat mengubah pertanyaan Kamu menjadi jawaban pendek, kotak centang, drop-down, kisi, tanggal, atau waktu. Kamu juga dapat menggunakan bilah sisi di sebelah kanan untuk menambah atau mengimpor pertanyaan, bagian, atau file.
 

Setelah kamu menambahkan semua pertanyaan kalian, tutup jendela browser kamu. Kembali di jendela penugasan kuis Google Classroom, klik "Assign/Tetapkan" di kanan atas. Pilih panah di sebelah “Assign/Tetapkan” jika kamu ingin menyimpan kuis Anda sebagai Draft atau terjadwalkan.

Ketika Kuis kamu siap, itu muncul dalam daftar di bawah tab Pengerjaan Kelas kelas kamu. Di sana, kamu juga dapat melihat berapa banyak siswa yang menyerahkannya. Klik “View Assignment” untuk membuka tampilan yang lebih detail.

Opsi Kuis di Google Classroom adalah cara mudah bagi siswa dan guru untuk terlibat, serta menetapkan dan menyelesaikan materi. Kamu juga dapat menggunakan formulir ini untuk membuat survei, esai, dan lainnya.
 

Comments