Cara Menjaga HDD Eksternal Tetap Awet

Cara Menjaga Hardisk Eksternal Tetap Awet

Cara Menjaga HDD Eksternal Tetap Awet



Hardisk eksternal merupakan media penyimpanan hardisk yang bersifat fleksibel atau dalam artian bisa dibawa kemana saja layaknya seperti Flasdisk Namun sebuah hardisk yg berkapasitas besar, nah HDD eksternal ini lain halnya dengan Flasdisk, karena tidak seperti Flasdisk yang bisa dicolok dan dicabut seenaknya dengan cepat, dalam menggunakan HDD Eksternal ini kita Harus Lebih berhati hati dalam menggunakannya, sebab hardisk bekerja dengan magnetik pada piringan metal yyang berputar, tentunya kita harus mecabutnya secara safely remove. Baiklah, Berikut Cara Menjaga HDD Eksternal Tetap Awet :




1. Jika selesai digunakan Selalu Eject HDD anda “Safe Remove Hardware”
Hal berikut merupakan hal yang penting untuk dilakukan pada HDD Eksternal.jika anda telah selesai menggunkan hadrisk eksternal anda, biasakanlah untuk meng Eject atau Safe remove hardware anda, dengan begitu HDD eksternal anda akan berhenti bekerja sehingga akan aman jika kita cabut. tips berikut ini sangat penting karena jika kita melepas HDD kita tanpa safe remove hardware maka besar kemungkinan akan rusak nya file atau data kita dan lebih parah HDD kita akan mengalami Bad sector.


2. Jangan Sampai terbanting
HDD ekternal tidak seperti flasdisk yang bekerja dengan mengnukan papan sirkuit, hardisk bekerja dengan komponen komponen mekanik didalamnya yang rentan terhadap benturan yang mengakibatkan salah satu komponen akan rusak. anda dapat mengatasi hal ini dengan membelikan hardisk anda casing yang bagus dan tahan banting,


3. Jauhkan dari cairan
untuk menjaga hardisk anda alangkah lebih baiknya kita berhati hati memperlakukan hardisk kita jangan sampai hardisk kita terkena siram air atau dicuci seperti laptop andriyono, jika hdd anda terkena air akan sangat kecil kemungkinan hdd anda akan bisa berfungsi dengan maksimal kembali.


4. Jauhkan dari benda magnet
karena hardisk saat ini masih menggunakan komponen mekanik, dengan begitu terdapat komponen komponen yang rentan dengan magnet, magnet dapat menarik komponen pada hardisk yang rentan sehingga terjadinya kerusakan dihardisk.


5. Gunakan Kabel dan Konektor usb yang baik
Gunkanlah kabel dan konektor usb untuk hdd ekstenal anda yang bagus atau baik, jika anda menggunakan konektor yang buruk maka akan berdampak buruk terhadap kesehatan hardisk anda, karena dengan kabel/konektor yang buruk hdd kita akan berhenti atau stop sendiri ketika sedang digunakan dakeranakn oleh kabel atau konektor yang Lobox rusak sehingga menggangu kinerja hdd kita,



Demikian lah sedikit tips tentang Cara Menjaga HDD Eksternal Tetap Awet

Comments