10 Hal yang Bisa dilakukan Di CMD

10 Fungsi yang bisa dilakukan Command Prompt

CMD merupakan singkatan dari Command Promt, adalah program bawaaan windows yang digunakan untuk mengesekusi perintah perintah oleh user untuk mengetahui, mengedit sistem pada windows. nah dengan cmd anda bisa melakukan beberapa perintah seperti halnya melakukan ping, ping digunakan untuk mengecek koneksi jaringan diwindows menggunakan cmd, selain ping ada bebrbagai macam perintah lainnya yang tidak kalah berguna dan bermanfaat untuk melakukan pengecekan dan perbaikan masalah windows..berikut 10 Perintah yang Bisa dilakukan Di CMD :

10 Fungsi yang bisa dilakukan Command Prompt


1. Membuat Hotspot Wifi

anda dapat membuat hotspot dengan mudah yaitu dengan cmd, jadi anda tidak perlu mendownload software hanya untuk membuat hotspot wifi karena kita hanya tinggal memasukan perintah berikut di command promt, berikut perintahnya..


netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namahotspot key=password

2. Melihat Kondisi Batteray Laptop

untuk pengguna laptop anda dapat mengecek kondisi batre laptop anda apakah dalam keadaan baik atau tidak, tentunya fungsi ini cukup berguna  bagi kita dan akan membuat kita lebih menjaga dan merawat batre laptop kita dengan semestinya..
Berikut Perintah nya :

powercfg energy

3.Melihat Kondisi Hardisk 

melihat kondisi hardisk adalah hal penting yang harus pengguna lakukan apalagi bagi pengguna komputer sebab dengan terjadinya komputer mati secara paksa terus menerus dapat menyebabkan hardisk anda mengalami bad sector. berikut Perintah Melihat Kondisi Hardisk :

wmic diskdrive get status

4.Mematikan Komputer Dengan Waktu

kita dapat mematikan komputer dengan waktu yang kita inginkan, jadi anda tinggal memberi perintah ke cmd untuk mematikan komputer pada jam dan waktu tertentu,berikut perintahnya :

Shutdown -s -t 3600 

ganti 3600 menjadi waktu yang anda ingginkan dengan menggunakan detik.

5. Cek Aktivasi Windows

anda dapat melihat windows anda sudah diaktifasi ataukah belum, jika belum anda harus segera mengaktifasinya.
Berikut Perintahnya :

slmgr /dlv

6. Melihat Ip Addres pada Komputer

Selain untuk ping anda juga dapat melihat ip addres komputer anda yang terhubung dalam sebuah jaringan.anda cukup menuliskan perintah berikut lalu cmd akan menampilkannya. berikut Perintah nya :

Ipconfig 

7. Memperbaiki Hardisk Bad Sector

jika anda sudah mengecek hardisk anda dan terdapat badsector maka yang harus anda lakukan adalah memperbaikinya, untuk memperbaikinya anda hanya perlu menggunakan perintah di cmd, namun jika masalah tersebut belum juga diperbaiki anda dapat mendownload software repair hardisk yang lainya.
Berikut Perintahnya :

chkdsk /r /f e:

e: merupakan lokasi partisi hardisk, anda dapat menggantinya sesuai hardisk anda.

8. Memperbaiki File System Windows

jika windows anda mengalami errror atau rusak maka hal yang harus anda lakukan pertama kali anda memperbaiki atau memperbarui file system windows dengan menggunakan cmd.
Berikut Perintahnya :

sfc /scannow 

9. Hiden Folder

anda dapat menggunakan cmd untuk menyembunyikan sebuah folder.
berikut Perintahnya :

attrib +s +h E:\SPS

ganti E:\SPS sesuai dengan folder yang akan anda sembunyikan.


10. Mengatur Partisi Hardisk

anda dapat mengatur partisi hardisk menggunakan cmd dengan perintah berikut :

diskpart 






demikian 10 Hal yang Bisa dilakukan Di CMD
lIHAT ARTIKEL LAINNYA,.....
dI CAKOMP

Comments

Post a Comment