Catatan Komputer

Tips Trik Komputer dan Berita Komputer

Tips Memilih Power Supply

Cara Memilih Power Supply yang Baik

Power Supply atau bila disingkat adalah PSU merupakan salah satu hardware atau perankat keras yang terdapat pada perangkat  Komputer yang berguna untuk mengantarkan sumber daya listrik ke perangkat perangkat komputer lainya . pada halnya suatu tujuan sebuah Power supply ini sederhana  yaitu mengganti dari arus AC menjadi ke arus DC kemudian di lanjutkan ke komponen-komponen lainnya. pada hakikatnya power supply merupakan jantung kehidupan bagi komputer tersebut alasannya seperti ini jika power supply rusak maka komputer tidak akan dapat menyala lagi. alhasil power supply betul-betul penting dari hardware  lainya, walaupun demikian sebelum memutuskan power supply yang bagus itu apa saja sebelum itu nggak ada salahnya mengetahui power supply tersebut.
Tips Memilih Power Supply
PSU Corsair

Apa sebenarnya Power Supply itu ?


Power supply Merupakan bagian pada sebuah komputer yang berguna memberi tegangan ke komponen lain dari komputer. Power supply dapat juga dibilang dengan power conversion karna guna utama dari power supply merupakan mangganti arus listrik bolak – balik / AC diganti jadi arus searah /DC. apa sebab harus diubah menjadi DC. Hal itu dikarenakan komponen-komponen elektronika  hanya membutuhkan arus DC.

 AC diganti jadi arus searah /DC
AC dan DC


Bagaimana tipsnya memilih PSU tersebut ?


Nah, untuk memilih power supply yang baik wajib kita lakukan untuk menjaga keawetan komponen yang lainnya, jangan sekali kali menggunakan power supply jelek atau abal-abal yang dapat semakin memperpendek umur komputer . berikut ini tips untuk memilih PSU nya.
pastikan jumlah daya yang dibutuhkan pada komputer komputer mu, gunakan alat-alat  yang berada di internet untuk membantu perhitungan.
lalu cari power supply yang dapat untuk memenuhi kebutuhan daya yang dibutuhkan oleh komputer kamu.
jika mencari power supply, jangan sampai asal memilih power supply yang harganya murah yang murah belum tentu baik dan bagus.
usahakan lihat rating power supply yang anda dapatkan di internet, bagaimana komentar para pelanggan terhadap power supply tersebut.
cobalah untuk membeli power supply dari merk atau brand yang sudah terpercaya dalam keahlianyanya, contohnya corsair, seasonic, Digital Alliance, dan banyak lagi.
carilah yang sudah mendapati cap bronze (Minimal), merupakan sertifikat yang dtujukan kepada Power Supply dimana Power Supply tersebut dapat memberikan efisiensi diatas 80 dan juga itu, Power Supply yang sudah diberi tanda 80+ juga bukan sembarangan Power Supply, Power Supply tersebut harus melalui bermacam macam tahapan supaya bisa lolos.

Power Supply
Cap Bronze 80+


Ciri Ciri Power Supply Yang Baik


Kalau ingin PSU yang berkualitas tinggi tentunya perlu merogoh kocek yang dalam dikarenakan kuliatasnya  itu setimpal dengan harganya, Berikut Ciri Ciri Power Supply Yang Baik :

1.    Harga Cukup Mahal.

Untuk yang  350 Watt harganya berkisar sekitar 400 ribu rupiah ,dan yang 400 Watt harganya berkisar sekitar 450 ribu sampai Rp.500 ribu, dan yang 500 Watt harga sekitar Rp. 600 ribu sampai Rp. 850 ribuan.  Harga yang mahal ini adalah kompensasi dari komponen yang begitu memiliki kualitas yang baik dan lebih  awet.

2.  beratnya lebih dari PSU biasa.

berat PSU  yang baik bagus leboh berat dari yang biasa saja. Hal itu dikarenakan PSU yang Baik menggunakan material terpilih, misalkan dikabelnya terdapat  serat tembaga yang lebih tebal dari yang biasa, komponen kapasitor yang terdapat didalamnya menggunakan kapasitor dengan jumlah yang banyak, dan belitan kabel pada gulungannya pun lebih banyak. disamping itu, PSU yang Berkualitas, pada umumnya memakai kabel yang berlapis yang kerap kali disebut sabagai cable sleeving.

3.    Terdapat UL Number

UL number adalah tanda pabrik pada sebuah PSU. Dengan memperhatikan identitas pabrik PSU tersebut kita dapat tahu apakah kualifikasi produknya telah berlabel internasional. UL Number ini dapat di periksa secara online melalui situs : http://www.ul.com/database/.

4.    Terdapat label spesifikasi voltase dan ampere

kalau kita mengukur menggunakan Voltmeter atau Ampere meter, spek yang terdapat  pada label tersebut akan sama persis dengan hasil pengukuran yg tertera.

5.    Memiliki Berbagai Fitur 

Active PFC (Power Factor Correction), merupakan rentetan khusus yang dipergunakan untuk mengukur berapa efisiensi pemakaian daya listrik.
Over Voltage Protection, merupakan kemampuan power supply untuk menghalagi kerusakan pada komponen yang tersambung dikarenakan adanya lonjakan voltase listrik yang secara tiba-tiba.
Continuous Output, merupakan kemampuan PSU untuk menghantatkan daya setiap saat diperlukan.



Demikian Cara Memilih Power Supply yang Baik

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Tips Memilih Power Supply"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top